Platform seperti Amazon EC2, GoGrid et.al. telah memberikan komputasi awan arti yang sama sekali baru. Komputasi awan melibatkan penyimpanan pemrosesan dan daya memori pada komputer jarak jauh. Proses komputasi awan melibatkan penyimpanan jarak jauh dari sistem memori komputer dan kekuatan pemrosesan. Keamanan dan kenyamanan adalah di antara banyak manfaat. Mereka memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengakses data, proyek kerja, dan informasi lainnya jauh dari rumah. Server cloud menawarkan alternatif unik untuk lingkungan virtual pribadi tradisional, temukan lebih banyak petunjuk.

Virtual Private Server, atau VPS, adalah salah satu dari beberapa jenis server yang dibuat dengan metode yang disebut virtualisasi. Dalam sebagian besar kasus, setiap server ditugaskan untuk tugas tertentu. Server menghubungkan Internet. Browser menyajikan halaman web yang dilayani oleh server. Anda dapat membuat server virtual dengan menggunakan perangkat keras yang sama. Hypervisor adalah aplikasi yang berinteraksi dengan server virtual untuk menyembunyikan keberadaannya. Virtualisasi meningkatkan kecepatan komputer, sekaligus membebani memori dan pemrosesannya. Virtualisasi mampu melampaui batas di setiap server.

Dimungkinkan untuk menggunakan platform server pribadi virtual dalam komputasi awan. Namun, ini mungkin menghadirkan beberapa masalah. Hypervisor memungkinkan server dipisahkan, tetapi hasil akhirnya sering kali dapat menyebabkan platform menjual terlalu banyak. Ini juga dapat menyebabkan kesalahan alokasi sumber daya, yang dapat mengakibatkan kegagalan memori atau server. Kehilangan data akan menjadi skenario terburuk. Server cloud yang tidak menggunakan virtualisasi memiliki kinerja yang lebih baik karena mereka dapat mendedikasikan semua sumber dayanya untuk satu pengguna. Kinerja sistem virtualisasi sebanding dengan server tradisional itu.

Server cloud dilengkapi dengan CPU (prosesor pusat) dan RAM khusus. Server cloud cenderung kurang laku. Meski tidak selalu jelas, memiliki banyak server memiliki keuntungan. Kombinasi komputasi awan dan virtualisasi memiliki beberapa keunggulan yang sangat keren. Dengan menggunakan virtualisasi, seseorang dapat dengan mudah membuat server yang benar-benar baru dengan menggunakan server yang sudah dimilikinya. Menyimpan data sensitif menjadi lebih mudah dengan menyimpannya di server hosting. Data dipertahankan bahkan jika peristiwa yang tidak direncanakan terjadi, seperti server yang tidak berfungsi.