Sebelum membuat situs web sumber penting, Anda harus menentukan tujuan pribadi Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan situs Anda? Website ini akan berisi sejumlah artikel yang bersifat statis. Apakah akan ada banyak artikel statis di situs ini? Apakah situs tersebut memiliki komunitas dan apakah akan berkembang? Jika Anda sudah memahami dengan jelas masa depan suatu situs, akan lebih mudah untuk membuat keputusan yang tepat.

Situs statis tidak memerlukan VPS. Akun bersama sudah cukup bagi mereka yang tidak berniat meng-host ratusan atau ribuan situs web. VPS diperlukan jika Anda memiliki komunitas atau jika situs web Anda memiliki aplikasi. Berikut beberapa persamaannya.

VPS dan hosting khusus memberi Anda kendali penuh atas server Anda. Sebagai administrator Anda dapat menyesuaikan lingkungan hosting. Ini tidak tersedia di lingkungan yang dapat diakses publik.

Kedua jenis sumber daya tersedia untuk Anda. Sumber daya server adalah RAM dan ruang hard drive. RAM dan ruang disk dialokasikan ke akun Anda, dan hanya Anda. Sumber daya bersama juga tersedia. Situs statis memuat lebih lambat di server yang digunakan bersama oleh beberapa situs web. Anda mungkin menemukan bahwa beberapa sumber daya server sedang digunakan oleh situs web lain. VPS tidak akan menyebabkan masalah ini.

Buatlah keputusan yang tepat dengan membandingkan keduanya.

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Artinya tidak ada server fisik. VPS bersama dibagikan oleh perangkat lunak server tingkat lanjut. VPS terlihat seperti server mandiri. Mereka masih berbagi server, namun tampaknya terpisah. Perangkat lunak dapat memisahkan server menjadi “kompartemen”, memastikan bahwa tidak ada “kompartemen” yang akan mempengaruhi yang lain.

Server VPS memiliki efisiensi sumber daya yang lebih rendah karena bersifat “bersama”. Faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah sumber daya. VPS dapat memiliki 512MB, sedangkan Server Khusus menawarkan 2GB.

Server khusus meningkatkan skalabilitas situs Anda. Tidaklah bijaksana untuk meng-host situs web Anda di server khusus jika Anda tidak berencana untuk mencapai level tersebut. Untuk sebagian besar situs web, server pribadi bersama atau virtual sudah cukup.

Mesin khusus diperlukan untuk situs besar. Anda tidak perlu membeli komputer khusus saat meluncurkan situs web Anda. Jika situs web Anda menjadi populer, Anda mungkin ingin meningkatkan dari VPS ke server khusus.